Kipas Angin AC Anda Tidak Dingin? Atasi Dengan Cara Ini


Sebagai salah satu alat pendingin, kipas angin AC kini sedang naik daun. Banyak orang yang mencari alat pendingin ini. Selain karena harganya yang murah, energi listrik yang hemat, alat ini juga banyak diminati karena perawatannya yang tidak memerlukan tenaga khusus.
Bagi Anda yang telah memiliki kipas angin AC, pernahkan Anda mengalami masalah terhadap hasil udaranya yang tidak dingin? Khususnya bagi Anda yang sedang mengalaminya, pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana mengatasi kipas angin AC yang tidak terasa dingin. Berikut cara untuk mengatasinya:

1.    Periksa apakah kipas angin AC anda berada dalam posisi menyala.
Hal ini penting untuk diperiksa karena bisa saja aliran listriknya yang sedang mati atau lupa tidak dinyalakan. Kipas angina AC yang tidak menyala akibat tidak ada aliran listrik tentu membuat kipas angin AC tidak dapat berputar. Sistem penguapanpun tidak akan berjalan apabila tidak ada aliran listrik.
Apabila Anda sudah memastikan aliran listrik di rumah berjalan, maka cek kabel listrik pada kipas angina AC. Anda dapat menggunakan multi tester untuk mengetahuinya. Jika kabelnya masih bagus, maka cek kelistrikan yang ada pada sekring kipas angin tersebut.
Jika Anda sudah memastikan listriknya bagus, maka Anda dapat masuk ke tahap pengecekan selanjutnya.

2.    Periksa apakah mode cool dalam keadaan aktif atau tidak.
Mode cool ini sering kita tidak sadari kegunaannya. Mode ini adalah untuk mengaktifkan pompa sehingga air dapat terbawa ke media pendingin kipas angin AC. Udara yang tersedot akan melalui media pendingin juga sehingga akan bertemu dengan air yang dihasilkan dari pompa. Itulah yang disebut proses sistem penguapan air oleh udara panas. Proses itulah yang menghasilkan udara dari kipas Angin AC terasa sejuk.

3.    Periksa apakah tanki air atau es masih terisi atau tidak.
Kipas angin AC membutuhkan air atau es untuk melakukan proses penguapan. Jika ini habis, maka udara yang keluar dai kipas angin AC akan sama dengan kipas angina biasa (tidak menyejukan).

4.    Periksa bagian Filter
Seiring pemakaian, filter air cooler bisa saja tertutup debu. Peran filter pada kipas angin Ac sangat penting. Filter berfungsi untuk menyaring udara kotor, berdebu dan kotoran lainnya di udara sehingga menjadi bersih dan sejuk. Apabila ketika di periksa filter kipas angina AC Anda kotor, maka segera bersihkan dengan vacuum cleaner. Bersihkan semua bagian filter dengan teliti.
Jika kotoran yang menempel pada filter tidak cukup bersih apabila menggunakan vacuum cleaner, maka Anda dapat merendamnya dalam air campuran detergen. Bilas sampai bersih dan keringkan secara alami. Berhati-hatilah ketika melakukan perawatan ini agar filter tidak mudah cepat rusak. 

5.    Periksa alat pompa air
Pompa air memiliki fungsi untuk membawa air ke media pendingin. Hal inilah yang membuat pompa air memiliki peranan penting dalam menghasikan udara dingin. Apabila pompa air tidak berjalan, maka proses penguapan air tidak dapat dilakukan.
Jika Anda mengalami kerusakan pompa air, maka diperlukan tenaga khusus untuk perbaikan. Namun, jika pompa air terlihat berjalan biasa saja maka Anda harus mengecek faktor lain yang mempengaruhi proses pendinginan.

6.    Tempatkan pada lokasi yang benar
Jika setiap komponen dari kipas angin AC telah diperiksa dan berada pada keadaan yang baik. Maka langkah terakhir apabila kipas angin AC Anda masih belum terasa dingin adalah dengan mengecek ruangan Anda.
Lokasi penempatan kipas angin AC sangat berpengaruh kepada kinerjanya.  Jika Anda menggunakan kipas angina AC pada ruangan yang tertutup, maka bukan udara dingin yang dapat Anda rasakan. Udara justru akan terasa sangat lembab dan lengket.
Kipas angin AC membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Oleh sebab itu, tempatkan kipas angin AC pada ruangan yang memiliki banyak ventilasi. Anda dapat menyimpan kipas angin AC di dekat jendela atau pintu yang terbuka. Semakin kering udara yang ada di ruangan karena ventilasi yang baik, maka akan semakin terasa sejuk juga udara yang dihasilkan.
Itulah beberapa cara dan langkahnya untuk mengatasi kipas angin AC yang tidak terasa dingin. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang mengalami kendala ini.

Komentar

Postingan Populer