Mau Beli Rumah Bersubsidi? Ketahui dulu Kekurangan dan Kelebihannya!!




Sebelum kamu memutuskan untuk membeli rumh subsidi murah yang ditawarkan oleh pemerintah, pastikan untuk mengetahui informasi lengkapnya terkait kekurangan dan kelebihanya. Banyak masyarakat yang sangat tertarik dengan hadirnya program sejuta rumah berupa rumah subsidi yang ditawarkan oleh pemerintah. Hal ini menjadi salah satu alternative yang paling mudah bagi masyarakat yang ingin menghindari over kredit rumah di pertengahan jalan Karen atidak mampu melunasinya. Kejadian tersebut tidak akan pernah lagi masyarakat alami ketika memutuskan untuk membeli rumah subsidi ini.

Nilai jual rumah subsidi sudah ditetpkan dan ditentukan oleh pemerintah sesuai dengan wilayahnya. Dengan total angsuran per bulan yang cukup ringan mulai dari Rp. 800 ribuan hingga Rp. 1 jutaan. Selain itu tenor atau periode angsuran yang ditawarkan pun terbilang cukup lama dengan kisaran waktu mulai dari 10 tahun hingga 20 tahun. Inilah alasan yang menjadikan rumah subsidi sebagai solusi untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Meskipun sangat mudah dan terbilang cukup ringan untuk dilakukan, sebelum memutuskan untuk menjadikan rumah subsidi sebagai solusi untuk menghindari over kredit rumah suatu hari nanti. Kita tetap harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari rumah subsidi tersebut. Yuk simak informasinya dibawah ini :

·         Kelebihan Rumah Bersubsidi

Harga Terjangkau
Kelebihan utama yang akan kamudapatkan pertama ialah nilai jual rumah yang sangat terjangkau hanya kisaran Rp. 100 juta hingga Rp. 150 juta saja. Hal ini sejalan dengan peruntukannya yang dikhususkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR. Kemenpera sudah memberikan bocoran akan nilai jual rumah subsidi ini. Nilai jual per unitnya akan berbeda pada setiap kota dan wilayah.

Developer terpercaya
Tidak sedikit para pengembang properti dan developer yang turut ikut untuk merealisasikan program sejuta rumah ini. Para developer dipilih dari beberapa asosiasi pengembang properti resmi seperti REI dan APERSI. Selain itu, meskipun developer tersebut tergolong masih kecil, namun developer tersebut sudah memiliki beberapa proyek perumahan di kawasan – kawasan lain yang sudah rampung atau masih dalam proses penjualan. Sehingga resiko untuk ada developer yang licik sangat kecil kemungkinnnya.

Lokasi potensial
Pembangunan rumah subsidi ini terletak di kawasan industry yang akan atau sedang berkembang. Kawasan ini berada dekat dengan kawasan industry sehingga akan cepat sekali mengalami perkembangan untuk menjadi kawasan strategis hunian pribadi. Jarak menuju lokasi industry dari perumahan pun tidak terlampau jauh hanya berkisar 7 hingga 15 kilometer.

Bukan rumah inden
Kamu tidak lagi perlu cemas dengan ulah – ulah nakal para developer dan pengembang properti. Karena kemenpra sudah memiliki aturan yang tegas bahwa tidak ada sistem rumah inden untuk program sejuta rumah ini. Semua umah subsidi hadir dalam kondisi yang siap huni atau ready stock. Calon pembeli bisa langsung melakukan pemeriksaan pada kondisi rumah di lokasi yang bersangkutan untuk memastikan bahwa rumah yang akan dibelu telah dibangin berdiri dengan baik dalam kondisi yang sangat baik.

·         Kekurangan Rumah Bersubsidi

Akses Sulit terjangkau
Lokasi perumahan subsidi ini tergolong lokasi yangcukup sulit terjangkau atau terakses trransportasi umum, sehingga kamu perlu memiliki atau mengendarai kendaraan pribadi untuk berpergian keluar dari perumahan. Selain itu kondisi jalan untuk mencapa lokasi perumahan pun masih terbilang kurang baik. Hal ini karena pemerintah mendirikan rumah ini di daerah dengan nilai jual tanah yang rendah. Meskipun begitu seperti yang sudah disebutkan diatas. Pemerintah tidak sembarangan memilih lokasi perumahan, lokasi ini sudah diprediksikan akan mengalami perkembangan menjadi kawasan yang strategis. Kamu hanya tinggal menunggu waktu saja.

Spesifikasi Bangunan rumah Standar
Kamu tidak bisa mengharapkan lebih dari besar rumah subsidi yang akan kamu dapatkan. Luas rumah sudah dibatasi dan ditentukan oleh pemerintah. Dengan luas rumah tapak 36 meter persegi dan rumah susun berukuran 21 meter persegi hingga 36 meter persegi. Dengan spesifikasi 1 ruang untuk kamar mandi dan 2 ruang kamar tidur. Aturan ini dibuat oleh pemerintah agar tepat sasaran.

Setelah mengetahu kelebihan dan kekurangan dari rumah subsidi diatas, apakah kamu masih menganggap rumah subsidi merupakn pilihan terbaik untuk menghindari over kredit rumah di kemudian hari? Bila keuangan merupakan masalahmu saat membeli rumah maka rumah subsidi merupakan pilihan yang paling tepat dengan mempertimbangkans emua hal diatas tentu lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan kekurangannya. Setidaknya kamu memiliki rumah atau hunian pribadi yang layak. Namun bila kamu tetap ingin memiliki rumah murah dengan fasilitas dan luas bangunan yang sesuai dengan keinginanmu maka rumah bersubsidi bukanlah solusi yang tepat. Tabung uang lebih banyak dan perbanyak lagi penghasilanmu setiap bulannya untuk mewujudkan impian tersebut. Selamat berjuan dan berburu rumah impian !!!

Komentar

Postingan Populer